Tata Cara Import Barang Dari China

Hingga sampai saat ini bisnis import barang dari China merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Bahkan sekarang ini tidak hanya jasa import door to door yang banyak dijumpai, namun jasa import barang unik dari China pun banyak juga. Nah, jika kebetulan anda ingin mengimport barang dari China, namun anda tidak tahu bagaimana caranya, maka anda perlu simak ulasan di bawah ini. Berikut adalah tata cara import barang dari China yang bisa anda simak. Yuk, simak bersama-sama! 

Menentukan Barang Serta Supplier 

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan barang apa yang ingin anda import. Setelah itu, anda juga perlu menentukan supplier mana yang akan anda ambil barangnya. Sebelum menentukan supplier anda harus melakukan survey terlebih dahulu agar anda bisa mendapatkan supplier terbaik dan terpercaya. 

Menentukan Sistem Pembayaran 

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan sistem pembayaran. Hal ini tentu saja harus anda lakukan ketika anda sudah menemukan barang serta supplier. Anda perlu ingat bahwa ketika anda menggunakan fasilitas Free On Board maka seluruh biaya pembelian, asuransi, harga barang, serta biaya pengiriman bisa anda bayarkan ketika barang anda tiba di pelabuhan bongkar. Akan tetapi jika anda menggunakan Cost Insurance and Freight maka anda harus melakukan pembayaran sebelum kapal berangkat menuju pelabuhan muat. Selain itu, anda juga harus bertanya apakah ada biaya tambahan lainnya dan metode pembayaran seperti apa yang harus anda lakukan. Misalnya melalui PayPal atau Western Unicorn. 

Memilih Jalur Pengiriman 

Tata cara import barang dari china selanjutnya adalah anda harus memilih jalur pengiriman yang anda inginkan. Ada beberapa jalur yang bisa anda pilih yaitu jalur darat, jalur laut, dan juga udara. Jika anda ingin barang anda cepat sampai maka anda bisa menggunakan jalur udara karena menggunakan pesawat terbang jadi waktu pengiriman barang anda pun bisa lebih singkat. 

Anda juga bisa memilih jalur darat. Pada jalur ini umumnya digunakan untuk menempuh jarak yang pendek. Biasanya barang anda akan dibawa menggunakan truk, mobil box, atau transportasi darat lainnya. Jika anda ingin barang anda cepat sampai, maka tidak disarankan untuk menggunakan jalur ini. 

Jika anda menggunakan jalur laut maka barang anda akan diangkut menggunakan kapal laut. Jalur ini cocok untuk digunakan untuk pengiriman yang jauh dan degan waktu yang relatif cepat. Akan tetapi jalur laut ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan jalur udara. Jalur laut ini cocok bagi anda yang ingin barang anda cepat sampai namun dengan waktu yang tidak mendesak. 

Mengurus Dokumen Perizinan 

Tata cara import barang dari china yang tidak boleh anda lewatkan adalah mengurus dokumen perizinan. Hal ini sangat penting karena barang yang anda beli berasal dari luar negeri. Oleh karena itu ada beberapa ketentuan yang harus anda penuhi yang bisa anda urus di Dinas Perdagangan yang ada di daerah anda. Perizinan yang akan anda urus akan berkaitan dengan bea cukai serta pajak. Beberapa dokumen yang akan anda urus diantaranya adalah bill of lading, packet list dan juga commercial invoice.  

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *