Step by Step Cara Beli di Alibaba !

Alibaba sendiri adalah pasar dari skala internasional, yang memungkinkan perseorangan dan bisnis untuk membeli dan menjual barang yang dijual, baik skala lokal, hingga internasional. Anda yang berniat untuk berbelanja di tempat ini, sebaiknya cari produk yang diminati, dan pastikan pemasoknya sudah terverifikasi dengan riwayat yang memadai. Berikut adalah tahapan atau cara beli di Alibaba yang harus Anda lakukan, yaitu :

  1. Membuat akun

Cara beli di Alibaba yang harus Anda lakukan pertama kali tentunya membuat akun terlebih dahulu. Dengan membuat akun seperti ini, maka Anda dapat mengeksplorasi lebih banyak menu dan fasilitas yang ada di website Alibaba tersebut. Adapun cara membuat akun Alibaba ini sangat mudah, klik tombol sign up yang ada di pojok kanan atas, dan ikuti berbagai petunjuk yang diberikan. Pastikan juga Anda mengisi berbagai macam kolom isian biodata dan yang lainnya benar !  

  1. Mencari produk

Langkah berikutnya adalah mencari produk yang akan dibeli, sekaligus menyeleksi supplier yang akan diajak kerja sama. Ada yang perlu Anda ketahui dalam cara beli di Alibaba kali ini, bahwa mayoritas seller / supplier memang berasal dari perusahaan-perusahaan di China, namun demikian ada juga yang berasal dari negara lainnya.

Untuk mencari produk yang diinginkan, sebaiknya gunakan fitur menu dan kategori produk, di bagian homepage Alibaba. Selain menggunakan fitur tersebut, Anda juga dapat langsung mengetikkan “Keyword” tentang produk yang sedang dicari, di bagian tengah atas layar.

Biasanya Alibaba sendiri akan merekomendasikan supplier, dengan status “Gold Supplier”, di bagian atas hasil pencarian. Yang artinya penjual tersebut mempunyai reputasi yang baik, dan sudah lama eksis di website tersebut.

Ketika memilih supplier, sebaiknya perhatikan, beberapa hal berikut :

    • Photo produk dan spesifikasinya.

    • Company profile dan dokumentasi perusahaan (baik menggunakan photo / video).

    • Kapasitas produksi.

    • Kapasitas perdagangan (eksport dan lokal).

    • Harga produk. Ada beberapa supplier yang mencantumkan harga, dan ada pula yang tidak. jika tidak, maka Anda dapat meminta penawaran harga dengan mengklik tombol “Get Latest price”.

    • Cara pembayaran yang diterima oleh seller (term of payment).

    • Bagaimana cara pengapalan barang dan ongkos untuk pengapalan tersebut.   

  1. Meminta penawaran pada seller / supplier

Langkah / cara beli di Alibaba berikutnya adalah meminta penawaran / quotation secara lengkap pada seller, tentang produk yang akan dibeli. Salah satunya melalui contact form, yang ada di halaman company profile.

Dalam kolom pesan / message, selain meminta penawaran, Anda juga aman mencantumkan alamat email dan no contact yang dapat dihubungi, agar pihak seller dapat langsung menghubungi Anda, dan mengirimkan surat penawarannya.     

  1. Melakukan negosiasi

Apabila ada hal-hal yang dirasa kurang jelas, setelah Anda menerima surat dari pihak seller, atau bahkan hal-hal yang dirasa tidak cocok, maka Anda dapat melakukan proses selanjutnya, yaitu negosiasi. Dalam cara beli di Alibaba kali ini, Anda dapat melakukan negosiasi harga, term pengapalan barang, dan yang lainnya. Proses negosiasi ini, dapat dilakukan secara online, email, atau bahkan melalui telepon. Jika Anda mempunyai waktu senggang tidak ada salahnya jika mengunjungi pabrik atau kantor seller secara langsung.   

  1. Pembayaran

Sistem pembayaran, tentu saja sudah disebutkan sebelumnya di halaman profil / produknya. Kali ini Anda dapat memilih salah satu sistem pembayaran yang dapat digunakan. Untuk sistem pembayaran seperti ini, juga dapat Anda negosiasikan kembali pada pihak seller, misal menggunakan sistem Down Payment / DP atau juga Letter of Credit / LC.

  1. Shipment

Dalam cara beli di Alibaba ini, Anda juga perlu memperhatikan masalah shipment. Jika semua hal yang disebutkan di atas sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Maka berikutnya adalah proses pengapalan barang ke Indonesia. dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan incoterm yang digunakan, Harmonized System Code, tata cara & prosedur import barang, buku tarif kepabeanan dan yang lainnya.

Dalam proses pengapalan kali ini, Anda akan membutuhkan pihak ketiga, yaitu freight forwarder atau jasa ekspedisi.

  1. Tracking & monitoring shipment

Jika sudah dikapalkan, selanjutnya Anda dapat memantau perjalanannya, melalui layanan tracking system yang ada pada website pelayaran atau freight forwarder yang Anda gunakan.

Walaupun cara beli di Alibaba terlihat tidak sulit, namun anda perlu teliti dalam memilih produk dan supplier yang akan digunakan, agar produk yang Anda beli nantinya tidak mengecewakan. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *