Sebelum Mulai Bisnis Import Barang China, Kenali 5 Hal Berikut Ini

Bisnis import barang dari China semakin populer belakangan ini. Banyak pemula yang mencoba peruntungan dengan memulai bisnis impor barang asal China. Tak mengherankan jika mengingat tingginya keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha ini. 

Meski menjanjikan keuntungan besar, nyatanya bisnis barang impor bukanlah perkara mudah. Selain besarnya modal yang diperlukan, pelaku bisnis impor harus memiliki strategi yang tepat untuk mengurus pengiriman dari China hingga memasarkannya ke konsumen. Terlebih lagi dengan persaingan bisnis barang impor yang semakin ketat. Jika tidak memiliki perencanaan yang matang, bukan tidak mungkin bisnis Anda kalah saing dengan kompetitor. Sebelum memulai bisnis barang dari China, ada 5 hal yang harus diketahui terkait impor barang dari luar negeri.

Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Bisnis Import Barang

Lima hal di bawah ini bisa jadi panduan untuk Anda yang ingin memulai bisnis barang murah dari China.

  1. Pilih barang yang tepat

Sekalipun peminat barang dari China memiliki jumlah yang tinggi, bukan berarti semua barang dapat terjual. Barang yang serbaguna dan memiliki banyak fungsi biasanya lebih cepat terjual dibanding barang lainnya. Sebab itulah Anda harus memilih barang yang tepat untuk dipasarkan.

Guna mengetahui barang apa yang diminati oleh pasar, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Lantas pilihlah barang mana yang memiliki peminat paling banyak. Setelah menentukan pilihan, tahap berikutnya adalah menyusun perencanaan penjualan supaya Anda tidak kalah dari kompetitor. 

  1. Menentukan sistem pengiriman

Sistem pengiriman barang dari China adalah aspek penting berikutnya. Setidaknya ada dua jalur pengiriman barang dari China ke Indonesia. Yaitu jalur laut dan udara. Pengiriman udara biasanya diperuntukkan bagi barang yang tidak mudah meledak. Selain itu kapasitas pengiriman via udara sangatlah terbatas dari segi jumlah dan bobot barang.

Sedangkan dengan pengiriman via laut Anda bisa mengimpor barang secara lebih leluasa. Terlepas dari jalur mana yang Anda pilih, ada dua sistem yang bisa Anda gunakan untuk mengirim barang dari China ke Indonesia. Yaitu mengurusnya sendiri atau menggunakan jasa forwarder China

Apabila dibandingkan, jasa import barang China memiliki lebih banyak keuntungan. Salah satunya adalah Anda tak perlu repot mengurusi semua prosesnya, cukup tunggu di rumah sampai barangnya tiba. 

  1. Pilih sistem pembayaran yang tepat

Ada banyak cara pembayaran yang dapat Anda pilih dalam bisnis barang impor dari China. Cara pembayaran non LC dapat dilakukan dengan cash in advance payment, documentary collection, ataupun open account. Sedangkan untuk pembayaran dengan Documentary Credit-LC bisa dilakukan dengan red clause, usance, sight LC. 

  1. Memilih jasa forwarder 

Dalam aktivitas pengiriman barang, Anda harus memilih jasa forwarder profesional. Perhatikan pula pelayanan apa saja yang diberikan oleh jasa forwarder tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa membuat kesepakatan dengan jasa forwarder sejak awal.

  1. Mengurus perijinan impor

Sebelum import barang dari China pastikan bahwa Anda telah mengurus perijinan impor secara benar. Biasanya dalam perjanjian impor terdapat dua kategori, yaitu perizinan produk dan perizinan khusus. Perizinan produk pada kegiatan impor meliputi legalitas perusahaan, angka pengenal impor, hingga nomor induk kepabeanan. Sementara izin khusus adalah izin dari pihak terkait barang yang Anda impor.

Memilih Jasa Forwarder Terpercaya untuk Memulai Bisnis Impor

Jasa forwarder merupakan hal krusial dalam bisnis impor barang. Sebab itulah memilih jasa forwarder tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Setidaknya ada 6 hal yang bisa Anda jadikan patokan dalam menentukan jasa forwarder barang China murah.

  • Bisa membantu mencarikan supplier

Dalam bisnis impor barang, supplier memegang peranan penting. Supaya bisnis impor yang Anda geluti berjalan dengan lancar, pilihlah supplier yang terpercaya dan memiliki barang berkualitas. Selain mencari supplier sendiri, Anda bisa mengandalkan jasa forwarder. Beberapa jasa forwarder memiliki layanan untuk membantu mencarikan supplier berkualitas asal China. Layanan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang masih pemula. 

  • Memiliki gudang di China

Saat memilih forwarder dari China ke Indonesia tanyakan apakah mereka memiliki gudang di China. Setelah menyelesaikan transaksi dengan supplier, biasanya barang Anda akan dikirim ke gudang forwarder yang ada di China. Cara ini akan membuat proses pengiriman semakin cepat dan terjamin. Sebab pihak forwarder di China akan mengawasi barang Anda dan mempercepat proses pemasukan barang ke kontainer. 

  • Proses bea cukai dan pengurusan dokumen

Forwarder terpercaya dan profesional biasanya memiliki layanan lengkap yang akan memudahkan proses impor barang dari China. Salah satunya adalah pengurusan bea cukai dan dokumen. Dengan adanya layanan ini forwarder akan memastikan barang Anda melewati proses hukum sesuai yang diterapkan di Indonesia dan tidak tertahan di bea cukai.

  • Pengiriman barang ke tempat tujuan

Selain tiga hal di atas, pilihlah forwarder yang memberikan layanan kirim door to door. Dengan begitu setelah barang Anda tiba di Indonesia dan melewati proses pengecekan dari forwarder, barang akan dikirim ke rumah Anda. 

  • Tarif jasa forwarder

Pertimbangan lain yang tidak kalah penting dalam memilih jasa forwarder terpercaya adalah tarif yang mereka tawarkan. Jasa yang berkualitas bukan berarti memiliki biaya mahal. Begitu pun sebaliknya, jasa dengan tarif terjangkau belum tentu tak berkualitas. Oleh karenanya sebelum memilih jasa forwarder cari tahu dulu track record-nya. Jika memungkinkan Anda bisa meminta rekomendasi pada teman yang berpengalaman menggunakan jasa forwarder.

  • Jumlah pengiriman

Bagi Anda yang mengimpor barang dari China dengan jumlah sedikit, Anda harus lebih selektif lagi. Cobalah untuk menanyakan pada jasa forwarder apakah melayani pengiriman barang dalam jumlah kecil. Biasanya pengiriman barang jumlah kecil ini menggunakan sistem less container load. Dimana barang Anda akan dicampur dengan milik orang lain dalam satu kontainer.

  • Jangkauan jasa forwarder

Hal terakhir dalam memilih jasa forwarder adalah jangkauan yang dimiliki. Jika Anda mengimpor barang dari China maka carilah jasa pengiriman barang impor yang memiliki jangkauan di wilayah China. Dengan begitu barang Anda tidak perlu transit berulang kali dan tidak memakan banyak biaya. 

Demikianlah 5 hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis distributor barang China dan cara memilih jasa forwarder profesional dan terpercaya. Selain itu pilihlah jasa forwarder yang berpengalaman. Hal ini bisa dilihat dari seberapa lama perusahan pengiriman barang impor tersebut berdiri. Semakin berpengalaman jasa tersebut maka semakin berkualitas pula layanannya. Supaya bisnis barang impor yang Anda rintis dapat berkembang dengan pesat, mulailah dengan membuat perencanaan yang matang. 

Selain perencanaan bisnis, menjalin relasi sangatlah diperlukan untuk mengembangkan bisnis import barang dari China. Semakin luas relasi Anda, maka semakin banyak pula calon konsumen yang Anda miliki. Untuk memperluas relasi Anda dapat bergabung dengan komunitas importir barang China

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru