Panduan Import dari China ke Indonesia Secara Resmi !

Bagi Anda yang masih pemula atau berniat membuka usaha dengan menjual aneka produk asal China, maka ini akan jadi ulasan tepat untuk Anda. Dalam ulasan ini akan dibahas tentang panduan import dari China. Proses atau prosedur impor ini sendiri sebenarnya tidak sulit, terutama ketika Anda menggunakan jalur resmi, seperti bekerja sama dengan jasa import resmi.

  1. Memilih supplier / distributor

Ada cukup banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk import dari China. yaitu dengan mencari supplier atau distributor resmi asal China, yang tepat sesuai kebutuhan. Untuk mencari supplier atau distributor seperti ini juga cukup beragam, Anda dapat mencarinya melalui marketplace asal China, seperti Alibaba, Taobao, dan yang lainnya. Bisa juga dengan mengunjungi pameran, direktori supplier, atau yang lainnya.   

  1. Melakukan negosiasi

Setelah menemukan supplier atau distributor yang dirasa tepat, berikutnya adalah melakukan negosiasi. Proses negosiasi ini juga dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti melakukan kontak langsung dengan pihak penjual, mulai dari chat, video call, atau yang lainnya. Bisa juga anda mengunjungi kantor supplier tersebut secara langsung.

Ada beberapa hal yang dapat dibahas dalam hal ini, mulai dari melihat langsung kualitas produk, meminta sampel, hingga membahas tentang kapasitas produk dan harga yang ditawarkan.

  1. Melakukan pembayaran

Jika kedua belah pihak sudah sama-sama setuju, maka hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membayar barang yang dibeli tersebut. Untuk proses pembayaran ini sendiri juga cukup beragam, tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak, antara pihak penjual dan pihak pembeli dalam hal ini Anda.

Sistem pembayaran biasanya dilakukan dengan beberapa cara, yaitu membayar cash seluruh produk yang dibeli, melakukan DP dengan cicilan pembayaran produk ketika pengiriman terjadi, atau sistem pembayaran lainnya.

Adapun sistem pembayaran biasanya akan dikirim ke akun atau bank yang ditunjuk secara langsung oleh pihak penjual, umumnya bank China.

  1. Memilih jasa ekspedisi resmi   

Setelah proses pembelian dan pembayaran selesai, berikutnya Anda mulai memilih jasa ekspedisi yang tepat. Usahakan agar memilih jasa ekspedisi resmi. Ada beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda menggunakan jasa seperti ini. Selain terpercaya, aman dalam proses pengiriman, juga garansi barang sampai di tempat secara tepat waktu. Selain itu, jasa seperti ini juga biasanya membekali dirinya dengan layanan pengurusan dokumen impor dari China ke Indonesia. Salah satu layanan jasa import berkualitas dan resmi yang dapat Anda pilih dan gunakan adalah East Express di https://eastexpress.co.id/.

  1. Mengurus dokumen dan pembayaran pada pihak jasa ekspedisi

Masih ada hubunganya dengan di atas, Anda hanya perlu mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk proses pengiriman barang dan dokumen lainnya yang dibutuhkan di oleh pihak bea cukai kelak.

Setelah itu serahkan semuanya pada pihak jasa import barang dari China resmi. Karena biasanya masalah seperti ini akan diurus oleh pihak terkait. Tidak hanya itu rincian biaya yang harus Anda bayar juga jelas, dan transparan. Sehingga Anda tidak akan mengalami over budgeting untuk berbagai biaya yang tidak perlu.

Jadi jika Anda ingin mencoba bisnis import dari China, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal di atas. Hal tersebut dilakukan agar barang yang dikirim tepat, aman dan pastinya datang tepat waktu.  

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru