Merintis Bisnis dengan Menjadi Distributor Barang China

Tingginya peminat barang impor bisa jadi peluang untuk membangun bisnis sendiri. Yakni dengan menjadi distributor barang China.

Produk asal China terkenal memiliki kualitas tinggi dengan harga terjangkau. Tak mengherankan jika bisnis barang impor China mempunyai keuntungan menjanjikan. Meski begitu, untuk bisa meraup keuntungan dengan menjadi distributor diperlukan kejelian dalam memilih kualitas dan harga produk. 

Meraup Keuntungan dengan Menjadi Distributor Barang Impor

Selain selektif dalam memilih produk, modal adalah hal utama yang harus dipikirkan. Untuk menjadi distributor barang impor diperlukan modal yang tidak sedikit. Kendati demikian, dengan strategi yang tepat seorang distributor dapat meraup keuntungan besar lewat bisnis ini.

  • Tentukan jenis barang yang akan dijual dan buat target pasar

Distributor adalah penyalur barang dari produsen kepada konsumen. Itu artinya langkah awal untuk menjadi distributor barang impor adalah memiliki target pasar dan memilih jenis barang yang akan dijual. Pemilihan jenis barang dapat disesuaikan dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Tingkat kebutuhan masyarakat juga bisa dijadikan acuan dalam memilih barang impor yang akan dijual. Selain itu jenis barang dalam bisnis distributor barang impor dapat disesuaikan dengan target pasar yang telah ditentukan.

  • Buat perencanaan yang jelas

Menjalankan bisnis dibutuhkan perencanaan yang jelas dan matang. Termasuk kemungkinan risiko apa saja yang akan dihadapi saat menjadi distributor barang China dan bagaimana cara mengatasinya. Semakin terstruktur perencanaan bisnis maka semakin jelas pula tujuan dari bisnis itu sendiri. 

  • Memilih jasa forwarder China Indonesia 

Saat proses pengiriman barang dari luar negeri seorang distributor membutuhkan jasa forwarder. Meski begitu, memilih jasa forwarder tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Ada pertimbangan yang harus diambil untuk mendapatkan jasa yang terpercaya. Mulai dari layanan, tarif, hingga kredibilitas dari jasa itu sendiri.

  • Mempersiapkan modal

Hal utama dan paling mendasar dalam berbisnis adalah mempersiapkan modal. Modal untuk menjadi distributor tidak bisa dibilang sedikit. Sebab distributor barang impor harus mendatangkan barang dari luar negeri dalam jumlah cukup besar. Kurangnya modal bisa menjadi menghambat perkembangan bisnis tersebut. 

  • Pelajari seluk-beluk pemasaran dan jalin relasi

Seorang distributor barang impor dituntut untuk memahami seluk-beluk aktivitas ekspor impor. Mulai dari syarat, ketentuan hukum, pajak, pembayaran bea cukai, dan lain sebagainya. Dengan memahami pemasaran dan seluk-beluk pengiriman dari luar negeri akan memperlancar bisnis impor. 

Selain itu relasi amatlah diperlukan supaya bisnis dapat berkembang dengan pesat. Semakin luas relasi yang terbangun maka semakin besar peluang untuk meraup keuntungan.

Menjadi distributor barang impor memang tidaklah mudah. Namun dengan strategi dan perencanaan yang benar bisnis distributor barang China bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru