Jasa Pengiriman Import Door to Door : Kelebihan dan Kelemahannya

Jasa import door to door sebenarnya menawarkan banyak keuntungan bagi para importir. Biasanya layanan door to door banyak dipilih para importir tertentu yang ingin melewati jalur cepat. Terlebih lagi para importir tak perlu repot-repot mengurus proses-proses yang berkaitan dengan kepabeanan atau bea cukai dan lainnya. Maka dari itu, tidak heran jika proses pengiriman barang tiba ke tempat tujuan menjadi lebih cepat dan mudah.

Sekilas Tentang Jasa Import Door to Door

Di dunia cargo atau pengiriman, door to door sendiri dikenal sebagai sebuah pelayanan yang mode pengiriman barangnya langsung di pick up atau dijemput di tempat pengirim. Selanjutnya barang tersebut langsung dikirim atau diantarkan ke tempat tujuan atau penerima barang (consignee).

Tidak hanya itu, layanan door to door ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah layanan, dimana para pelanggan tak perlu lagi melakukan pengantaran atau pengambilan barang ke perusahaan forwarding atau pengiriman.

Inilah alasan kenapa layanan ini sering menjadi pilihan bagi para jasa import China yang memilih menempuh jalur yang cepat. Hanya saja kekurangan layanan ini ialah tariff harga yang ditawarkan oleh jasa tersebut cukup mahal. Terlebih lagi bila dibandingkan dengan metode pengiriman port to port.

Walaupun demikian, kelemahan tersebut bukan tanpa adanya solusi. Sebab dengan menggunakan jasa door to door murah, tentu tariff harga pun dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Peran Jasa Pengiriman Import Secara Door to Door

Ada beberapa peranan dan manfaat yang dapat diambil jika Anda memakai jasa pengiriman secara door to door, diantaranya :

  • Fungsi utama jasa layanan door to door ialah mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada proses pengiriman import barang, seperti persoalan kuota impor melebihi batas, barang dikenai lartas (larangan pembatasan), karantina SNI, dan segala kemungkinan lainnya.

  • Barang atau produk yang dikirim oleh pengirim atau barang yang diterima bisa dijemput langsung di tempat tanpa arus mengirimkannya atau mengambilnya dari gudang.

Tahapan Pengiriman Layanan Door to Door

Ada beberapa tahapan layanan pengiriman barang door to door, berikut ini :

  1. Pengirim bisa menghubungi jasa ekspedisi door to door untuk menginformasikan pemakaian jasa. Biasanya informasi tersebut bisa dilakukan lewat SMS, telepon, web maupun yang lainnya. Kemudian kurir akan menemui pihak pengirim barang untuk proses selanjutnya.

  2. Sesudah mendapatkan konfirmasi pengiriman barang, maka pengirim selanjutnya akan mendapatkan informasi mengenai nomor resi. Nomor resi ini berguna untuk melakukan pelacakan barang kiriman.

  3. Saat pengiriman barang sedang berlangsung, maka jasa ekspedisi barang akan melacak barang yang dikirim secara realtime hingga tiba ke tempat tujuan. Sesudah barang diterima, jasa ekspedisi door to door pun akan langsung mengabari si pengirim lewat panggilan suara.

Itulah kelebihan dan kelemahan menggunakan jasa pengiriman import door to door yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *