Jasa Forwarder China Indonesia Murah dan Terpercaya

Jasa forwarder China Indonesia jadi opsi terbaik untuk Anda yang ingin impor barang untuk dijual kembali. Anda akan dimudahkan dalam berbagai urusan impor. Tugas Anda hanya mengurus transaksi dengan supplier.

Semua pengurusan dokumen impor dan bea cukai akan ditangani oleh pihak perusahaan Forwarder. Jadi Anda tidak perlu mengurusnya secara personal.

Anda hanya perlu membayar biaya jasa (all in) dan barang yang diimpor akan dikirim ke depan pintu rumah Anda.

Bayangkan jika harus mengurus semuanya sendiri. Anda akan kesulitan dan hal itu tidak efisien untuk jalannya bisnis.

Metode ini juga jadi pilihan para pemula yang ingin menjadi importir.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Forwarder?

Pada prinsipnya, jasa forwarder adalah sebuah perusahaan yang memfasilitasi impor dan export barang dari luar negeri. Dalam artikel ini lebih spesifik membahas urusan impor.

Perusahaan forwarder akan jadi perantara antara Anda sebagai client dengan layanan transportasi. Tidak sampai disitu, perusahaan juga memfasilitasi segala pengurusan izin impor, segala pengurusan dokumen, bea cukai, dll. 

Perusahaan forwarder biasanya juga memberi layanan extra seperi pengiriman uang dari client ke supplier (rupiah ke Yuan atau RMB), hingga membantu client menemukan supplier.

Ada beberapa kondisi yang menuntut Anda menggunakan jasa forwarder dari China ke Indonesia, diantaranya:

  1.impor dalam Jumlah Besar

Untuk pembelian barang dari luar negeri dalam jumlah tertentu akan dikenai pajak. 

Misalnya Anda membeli kaos. Jika pembelian kurang dari 10, hal tersebut masih dianggap pembelian oleh perseorangan. Pemerintah tidak akan memberikan beban pajak.

Tapi ketika pembelian sudah lebih dari itu, barangnya akan dikenai pajak bea cukai. Selain itu, Anda harus memiliki izin impor untuk bisa mengambil barang dari pabean.

Maka dari itu Anda butuh bantuan jasa forwarder import dari China. Izin impor akan menggunakan milik perusahaan forwarder.

Berbagai pengurusan di pabean juga akan ditangani oleh pihak forwarder.

Menggunakan jasa forwarder juga dianggap relatif lebih murah dibanding menggunakan expedisi China ke Indonesia yang konvensional seperti DHL, Fedex, Pos, dll. Apalagi jika skala pembeliannya cukup besar. 

  2.impor Barang dalam Ukuran Besar atau Berat

Jasa pengiriman konvensional biasanya akan terkendala jika harus mengirim barang dalam volume besar. Misal pun menyanggupinya, akan ada biaya tambahan yang cukup besar.

Meski Anda hanya membeli dalam jumlah sedikit, jika barang yang Anda beli cukup besar dan berat, lebih baik gunakan forwarder saja. 

  3.impor Barang Khusus

Ada beberapa barang yang membutuhkan izin impor untuk bisa masuk ke wilayah Indonesia. Barang-barang yang masuk kategori tersebut diantaranya, parfum, kosmetik, obat, makanan, dll.

Untuk mendapatkan izin impor prosesnya sangat rumit. Selain itu, izin impor hanya bisa diberikan pada suatu badan usaha. 

Jika Anda menjalankan bisnis secara perorangan, mengurus izin impor sangat tidak efisien. Maka dari itu, menggunakan jasa impor China jadi opsi paling efisien.

  4.Supplier China Tidak Melayani Pengiriman Luar Negeri

Dalam bisnis semacam ini, memilih supplier yang tepat jadi faktor krusial.

Anda harus mencari supplier profesional yang memberi harga paling rendah. Jika perlu Anda bisa berburu barang langsung dari pabriknya. Sebagai tangan pertama, keuntungannya akan lebih maksimal.

Sayangnya tidak semua supplier mau melayani pengiriman ke luar China. 

Jika Anda menggunakan jasa forwarder, hal ini bukanlah suatu masalah. Pasalnya, supplier hanya perlu mengirim barang ke gudang milik forwarder yang ada di China. Nantinya pengiriman dari China ke Indonesia akan ditangani pihak forwarder.

Itu dia beberapa kondisi yang menuntut Anda menggunakan jasa perusahaan forwarder.

Di bawah ini akan dipaparkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jasa perusahaan forwarder.

Apa Saja keuntungan Menggunakan Jasa Forwarder?

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu mengimpor barang menggunakan jasa perusahaan forwarder.

  • Transaksinya efisien. Anda tidak akan dibuat ribet dengan berbagai urusan di pabean. 
  • Biaya murah. Dibandingkan jasa pengiriman konvensional, selisih biayanya lebih menguntungkan jika menggunakan forwarder.
  • Bisa mengimpor berbagai barang. Kategori barang yang bisa ditangani oleh perusahaan forwarder relatif lebih luas.
  • Banyak layanan lain yang memudahkan. Perusahaan forwarder biasanya memiliki sejumlah layanan tambahan yang akan memudahkan Anda dalam melakukan impor.

Proses impor Menggunakan Jasa Forwarder

Ini dia 7 proses yang terjadi pada transaksi impor menggunakan jasa forwarder.

  1.Mencari Supplier

Tahap pertama, Anda perlu mencari supplier. 

Manfaatkan Alibaba.com, 1608.com, atau platform marketplace lain untuk mencarinya. Dua platform tersebut cukup direkomendasikan untuk pembelian secara grosir.

Jika ingin mencari supplier dengan harga lebih miring, Anda bisa mencari di platform-platform marketplace berbahasa mandarin.

Untuk berkomunikasi dengan supplier Anda bisa menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda menguasai bahasa Mandarin akan lebih baik.

  2.Mengirim Barang ke Gudang Forwarder

Setelah Anda deal dengan suatu supplier, hubungi perusahaan forwarder yang Anda pilih. Berikan informasi mengenai invoice dan packing list.

Pihak forwarder kemudian akan memberikan alamat gudangnya di China. Alamat tersebut bisa diberikan pada supplier supaya barang Anda dikirim ke alamat tersebut.

  3.Pemrosesan di Gudang China

Setelah barang dikirimkan oleh supplier, perusahaan forwarder akan melakukan pengecekan. Apakah barangnya sudah akurat atau belum. Barang dan dokumen akan dicocokan.

Setelah barang dipastikan akurat, semuanya akan dimuat ke kapal atau pesawat tergantung layanan yang Anda pilih.

  4.Pengiriman ke Indonesia

Setelah semua barang dimuat, pengiriman bisa segera dilakukan. 

Anda akan mendapatkan fitur tracking untuk mengawasi posisi barang selama pengiriman.

  5.Pengurusan di Bea Cukai

Semua barang impor akan masuk ke bea cukai untuk melalui proses custom clearance. Perusahaan forwarder akan mengurus semua hal yang diperlukan mulai dari izin untuk impor, bea impor, PPN, PPH, dll.

Umumnya, barang akan masuk melalui Jakarta. Pasalnya mayoritas forwarder berdomisili di Jakarta.

Jika Anda berdomisili di wilayah Jawa Timur, Anda bisa menggunakan perusahaan forwarder China Surabaya. Wilayah pengirimannya lebih dekat jadi biayanya bisa lebih murah.

  6.Gudang di Indonesia

Setelah melewati proses di pabean, barang akan dibawa ke gudang milik perusahaan forwarder.

Di gudang tersebut akan ada pengecekan ulang. Barang akan disesuaikan dengan dokumen yang ada untuk memastikan tidak ada yang hilang atau rusak.

Pihak forwarder kemudian akan melakukan kalkulasi biaya. Anda akan dihubungi untuk melakukan pelunasan.

  7.Pengiriman ke Customer

Setelah Anda melunasi tagihan, barang akan langsung dikirimkan ke rumah Anda. 

Anda juga bisa mengambil langsung barang di gudang milik forwarder.

Itu dia sedikit penjelasan tentang keuntungan melakukan impor menggunakan forwarder dan prosesnya. 

Apakah Anda tertarik menggeluti bisnis ini? Sudah menemukan jasa forwarder China Indonesia murah terpercaya? East Express adalah pilihan yang paling tepat.

East Express adalah penyedia jasa forwarder China Indonesia yang profesional dan siap membantu Anda melakukan impor. Segera hubungi East Express untuk berkonsultasi di sini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru