Ingin Import Barang? Lihat Info Selengkapnya Bagaimana Import Barang dari China Di Sini

Kegiatan import barang dari China sering dilakukan pebisnis, terutama produk yang dijual memang berasal dari negeri Tirai Bambu itu. Memiliki bisnis jual beli barang yang diimpor dari China bagi pebisnis pemula yang mau mencoba keberuntungan dengan menjual produk China, ada baiknya memahami dahulu cara impornya. Sehingga laba yang diperoleh pun makin besar.

Cara Mengirim Barang dari China ke Indonesia

Di bawah ini merupakan tahapan cara untuk kirim barang dari China ke Indonesia yang mudah untuk Anda ikuti, di antaranya:

– Mencari barang melalui eksportir luar negeri atau supplier secara langsung

Sebelum barang dikirim sebaiknya harga barang dan pengiriman harus disepakati di awal, supaya Anda dapat membayar langsung sesuai perjanjian perdagangan. Kemudian pihak supplier akan menyiapkan barang tersebut lalu dibawa ke pelabuhan untuk dikirim ke tanah air. Sementara itu, seluruh berkas yang diperlukan importir yakni Anda akan dikirim lewat faksimile dan email.

– Pihak importir akan mengurus dokumen yang dikirimkan supplier

Sesudah Anda mendapatkan barang dari supplier terpercaya, selanjutnya supplier ini akan memberikan Anda dokumen impor barang tersebut. Dalam berkas ini, Anda mesti paham tentang nilai bea masuk, PPH, dan pajak. Sesudah itu, pihak bank akan mengirim data secara online pada sistem Bea Cukai. Sedangkan Anda akan mengirim pengajuan barang impor itu ke sistem.

– Verifikasi Dokumen Impor

Ketika Anda memberikan berkas pengajuan import barang dari China, maka semua dokumen akan diverifikasi. Bila lulus verifikasi surat persetujuan pengeluaran barang impor Anda akan diterbitkan. Jika PIB sudah masuk dalam jalur merah, akan ada pemeriksaan barang oleh petugas Bea Cukai. Apabila suratnya telah terbit, Anda akan memperoleh pemberitahuan dari Bea Cukai melalui PIB. Di sinilah barang Anda baru bisa dikirim ke Indonesia.

Mungkin bagi sebagian orang cara ini dianggap cukup merepotkan, kalau Anda tak ingin ribet dengan mengurus pelbagai dokumen Anda bisa memanfaatkan jasa import barang China. Dengan demikian Anda tidak direpotkan dengan dokumen dan sebagainya, di sini Anda hanya perlu menyiapkan dana yang dibutuhkan.

Keuntungan Memakai Jasa Pengiriman Barang

Bila cara import maupun export barang sudah memusingkan Anda, lebih baik ketika Anda kirim barang ke China gunakanlah jasa pengiriman barang. Pasalnya, banyak keuntungan jika Anda memanfaatkan jasa tersebut, adapun keuntungan yang akan didapat sebagai berikut:

Bisa mengirim barang dalam jumlah yang diperlukan

Dengan memakai jasa pengiriman barang Anda dapat mengirimkan barang ke China dalam bilangan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan penerima.

Tarif pengiriman ke luar negeri jadi lebih terjangkau

Perlu diketahui, budget pengiriman barang untuk mengirimkan barang ke luar negeri jauh lebih murah ketimbang Anda impor barang ke Indonesia. Jarak yang jauh berpotensi perlunya penggunaan kendaraan khusus mengirim barang hingga ke tujuan, hal inilah yang membuat mahalnya ongkos pengiriman. Tapi, dengan layanan kirim barang ke luar negeri tarif pengiriman lebih ekonomis.

Barang yang dikirim cepat sampai dan sesuai dengan estimasinya

Jarak yang jauh saat melakukan pengiriman ke luar negeri pastinya butuh waktu yang agak lama hingga ke penerima. Namun, bagi jasa berkualitas barang Anda akan dikirim dan sampai sesuai estimasinya dengan cepat.

Fasilitas yang didapat begitu lengkap

Memperoleh fasilitas yang sangat lengkap pastinya memberikan keuntungan tersendiri. Sehingga Anda bisa memilih paket yang dibutuhkan. Hal ini pun memungkibkan Anda mendapatkan ongkos pengiriman yang jauh lebih terjangkau.

Pengiriman barang Anda terjamin keamanannya

Keamanan barang menjadi perhatian utama lainnya ketika mengirim barang, dengan menggunakan jasa pengiriman terbaik dan berkualitas rasa khawatir barang rusak tak perlu Anda pikirkan, sebab berbagai kerusakan itu terjamin bisa dihindari dengan baik oleh jasa tersebut.

Penjelasan Pengiriman Barang Impor dengan forwarder door to door

Sebagian besar konsumen lebih memilih menggunakan jasa forwarder door to door karena terkenal memberikan kemudahan saat mengirim barang. Anda akan dilayani dengan layanan lengkap dari penjemputan barang, bea cukai, hingga paket sampai ke tempat tujuan, maksudnya barang langsung menuju alamat penerima.

Door to door import services ini merupakan sebuah jasa pengiriman paket  antar negara yang mana jasa ini akan mengambil barang dari tempat pengiriman, lalu mengantarkan ke penerima barang atau consignee. Pada lingkup layanan forwarder sendiri, ada pula yang disebut jasa port to port. Berbeda dari forwarder door to door di mana pihak penerima tidak menjemput paketnya, sedangkan forward port to port customer harus mengambil barangnya sendiri.

Keunggulan Menggunakan Jasa Forwarder untuk Pengiriman China ke Indonesia

Ada banyak keuntungan ketika Anda memilih jasa import door to door ini, yakni sebagai berikut:

1. Baik pengirim maupun penerima tak kerepotan karena barang diambil dan dikirim sampai ke tangan penerima.

2. Alternatif bagi Anda yang terkena masalah larangan pembatasan.

3. Jasa ini akan mengatasi kendala kuota impor yang melewati batas.

4. Dapat pula mengatasi karantina SNI dan lain sebagainya.

Perhitungan Biaya Impor Barang dari China

Untuk ongkir dari China ke Indonesia jasa ekspedisi borongan dibagi jadi 2 macam, yaitu jalur laut dan jalur udara. Berikut rangkuman perhitungan biayanya yang sesederhana mungkin disampaikan supaya mudah dimengerti. Terutama bagi Anda yang baru akan melakukan pengiriman dan memakai layanan import forwarder door to door maupun borongan.

– Biaya ekspedisi rute laut

Perhitungan jasa import borongan door to door menggunakan jalur laut dihitung dengan per CBM atau per kubikasi. Adapun cara menghitung kubikasi dari ukuran  Panjang x Lebar x Tinggi dus pada satuan cm lalu dibagi 1.000.000. Di sini Anda mesti bertanya pada forwarder berapa tarif pengiriman laut per 1 CBM-nya.

Misalnya terdapat paket untuk konsumen Z sebanyak 30 kali, dan ukuran dus berdimensi 40 x 25 x 55 cm masuk ke gudang forwarder di China yang akan dikirim ke Indonesia. Dan harga per 1 cbm adalah Rp. 10.000.000, jadi budget yang mesti dikeluarkan konsumen Z adalah:

40 x 25 x 55 cm / 1.000.000 x 30 koli = 1.65 CBM

1.65 CBM x Rp10.000.000 = Rp. 16.500.000

Harga ini sudah termasuk biaya cukai, pajak, custom, dan lain-lain, sehingga paket terima bersih ke rumah konsumen Z di Indonesia. Estimasi pengiriman via laut selama 4-5 minggu dari pemuatan. 

– Biaya ongkos kirim dari China ke Indonesia dari udara

Perhitungan biaya via udara dihitung menggunakan per kilogram, sebab itu Anda perlu perhatikan volume. Dan tak lupa untuk 

menanyakan kepada forwarder biaya pengiriman via per kilogramnya. Misalnya konsumen X paketnya sebanyak 3 kali, dengan berat 15 kg. Sedangkan harga per kilogramnya Rp. 100.000, maka ongkos yang dikeluarkan yaitu:

15 kg x Rp. 100.000 = Rp. 1.500.000

Biaya tersebut masuk juga pajak, cukai, dan lainnya, customer X akan terima barang bersih di rumah. Lamanya pengiriman rute laut yaitu 7-10 hari dari waktu loading.

Melalui ulasan cara kirim, keunggulan, hingga perhitungan ongkos kirim ini, Anda jadi tak bingung lagi hal apa yang harus dilakukan ketika Anda akan import barang dari China.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru