Import barang dari China ke Indonesia

Aneka produk barang dari China memiliki banyak penggemar di Indonesia karena unik dan praktis juga cukup lengkap dan multiguna, harganya pun cukup terjangkau. Tak heran jika menjadi barang dagangan yang laris manis untuk dijual kembali di Indonesia, baik secara online maupun offline. Sangat menguntungkan jika kulakan barang dari China, tapi yang menjadi kebingungan mayoritas pengimpor adalah kendala dalam bahasa dan tulisan yang dalam bahasa Mandarin juga dengan berbagai izin dan persyaratan aneka dokumennya. Bagi yang tak mau repot import barang dari china ke Indonesia, terutama bagi yang belum memiliki izin impor maka bisa menggunakan jasa import borongan sebagai solusinya  yang akan memberikan jasa layanan impor secara lengkap, mulai dari perizinan dan berbagai pengurusan kelengkapan dokumen, juga bahkan mulai dari mencarikan suppliernya yang menyediakan produk barang sesuai spesifikasi yang berkualitas dan dalam harga murah serta dapat dipercaya, hingga  pengurusan izin keluar barang pesanan setelah tiba di pelabuhan atau bandara beserta dengan segala prosedur bea cukai yang rumit dan merepotkan lalu hingga barang sampai ke alamat tujuan secara door to door. Sangat mudah dan praktis.

Proses Masuknya Barang Impor dari China

Pada dasarnya barang impor dari China yang diangkut dengan kapal laut maupun pesawat terbang yang telah dibeli, sesudah sampai di pelabuhan atau bandara tujuan  yakni tiba di wilayah Indonesia, maka harus mendapatkan ijin bongkar muat barang dari pihak Bea dan Cukai Indonesia. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan dokumen serta pengecekan kondisi barang yang harus sesuai antara jumlah, dan nilai harga serta juga kondisinya dan lain yang harus sesuai dengan keterangan yang terdapat pada dokumen yang menyertai. Selanjutnya jika barang aman dan tidak perlu dilakukan karantina serta telah clear atau jelas segala sesuatunya dan telah sesuai dengan dokumen yang menyertainya maka barang impor tersebut akan mendapatkan izin untuk bisa masuk ke wilayah Indonesia, dan dibawa keluar dari pelabuhan atau bandara. Intinya adalah seperti itu.

Aneka Dokumen yang Diperlukan

Adan berbagai jenis dokumen yang diperlukan untuk pengurusannya antara lain ialah sebagai berikut.

Bill of Entry, dan

Bill of Lading atau Airway Bill, tergantung jalur pengirimannya  yakni lewat jalur laut atau lewat jalur udara.

Commercial Invoice  dan

Surat Ijin Impor atau Import License  dan

Sertifikat Asuransi, dan

LC atau Letter of Credit atau Pesanan Pembelian, dan

Izin Industri, jika ada dan

RCMC, jika ada dan

Laporan Pengujian, jika ada, dan lain sebagainya.

Proses sejak awal hingga terbitnya surat Persetujuan pengeluaran barang oleh pihak bea dan cukai tersebut bisa sangat rumit dan cukup panjang serta lama waktunya, mengingat antriannya juga banyak. Jasa pengiriman borongan akan dapat membantu proses pengeluaran barang impor agar lancar dan bisa lebih cepat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *