Berbagai Tantangan yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Barang Impor

Ingin buka bisnis barang impor yang sukses? Anda tentu harus belajar dulu tantangan apa yang akan dihadapi dalam dunia perdagangan internasional. Untuk memastikan Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik, berikut adalah bahasan tantangan yang penting Anda perhatikan!

Perizinan dan Birokrasi

Masalah perizinan impor dan birokrasinya adalah hal yang paling sulit dihadapi Bagi Anda yang sebelumnya tidak tahu tentang perizinan ini dan harus belajar dari nol, Anda akan menghadapi hal sulit. Proses mendapatkan izin impor harus melalui beberapa proses yang cukup panjang. Tidak semua pengusaha mampu mendapatkan izin ini dan akhirnya memilih menggunakan jasa pihak ketiga sebagai perantara impor. 

Hubungan Perusahaan Anda dengan Pihak Produsen Barang

Sebagai pengelola bisnis barang impor, tentu Anda harus membuat hubungan baik dengan pihak produsen. Melakukan bisnis dengan distributor mungkin lebih mudah tapi keuntungan yang bisa diambil juga lebih rendah. Jika bisa membuat hubungan baik dengan produsen, Anda bisa dapatkan barang langsung tanpa perantara. Harga yang didapat dari sini tentu lebih rendah untuk dijual kembali.

Sayangnya karena masalah bahasa dan budaya, menjalin hubungan baik dengan perusahaan produsen bisa sulit. Contoh saja jika Anda ingin jual produk asal Jepang. Anda tentu harus bisa bahasa Inggris minimal atau belajar bahasa Jepang. Tidak semua produsen bisa bahasa Inggris baik, minimal Anda harus coba pelajari budaya, norma dan juga bahasa asli dari partner dagang tersebut.

Masalah Pemasaran

Produk – produk asing yang Anda import belum tentu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Karena hal ini, Anda perlu usaha lebih dalam melakukan pemasaran. Memastikan strategi pemasaran tepat untuk produk – produk dagangan Anda adalah salah satu kunci sukses penting. Hal seperti promosi, sosialisasi dan menyebarkan image brand produk harus dilakukan seksama agar masyarakat mau menerima barang tersebut.

Rate Nilai Tukar yang Harus Dipahami

Saat berurusan dengan perdagangan luar negeri, Anda harus mengerti juga pergerakan nilai tukar uang. Pada waktu melakukan deal transaksi, posisi nilai tukar bisa berbeda dengan saat barang sampai di tempat Anda. Karena pergerakan mata uang ini, proses perdagangan juga harus menyesuaikan. Anda yang tidak melakukan kontrak perdagangan bisa terpengaruh perubahan mata uang setiap kali deal. Pastikan masalah ini Anda pahami sebelum menjalin koneksi perdagangan luar negeri.

Pemilihan Partner Pengiriman Barang

Bagi Anda yang tidak bisa mengurusi izin import sendiri, Anda tetap bisa gunakan partner importir dan pengiriman barang. Sayangnya, pilihan ini harus dilakukan dengan hati – hati. Tidak semua jasa importir memiliki kualitas dan layanan yang sama.

Contoh saja Anda mencari forwarder China Indonesia. Apakah Anda mencari yang mampu mengantar sampai pelabuhan atau sampai gudang tempat bisnis Anda? Apakah Anda mencari pihak yang mampu mengantar menggunakan pesawat atau kapal? Pilihan ini akan sangat berpengaruh untuk bisnis impor Anda.

Bagaimana apakah sudah jelas tantangan yang harus diperhatikan? Jika Anda memutuskan membuka bisnis barang impor, selalu persiapkan diri untuk hadapi tantangan tersebut. Jangan sampai karena kurang persiapan, bisnis Anda tidak bisa berjalan lancar. Terima kasih sudah membaca bahasan artikel tentang tantangan bisnis ini. Mudah – mudahan bahasannya berguna bagi Anda sekalian.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *