Bagaimana Proses Ekspedisi Cina Ke Indonesia?

Ketika anda terjun di dunia bisnis tentu anda ingin mendapatkan keuntungan yang berlipat, salah satu caranya yakni dengan membeli barang dari daerah yang menjual barang secara murah. Salah satunya Cina. Saat ini jaman semakin berkembang dan makin mudah untuk melakukan proses import. Salah satu yang menjadi primadona para pengimpor barang umumnya menggunakan jasa import borongan karena ketika biayanya dijumlahkan akan menjadi lebih murah.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat melakukan import barang yakni biaya yang dibutuhkan serta syarat – syarat pengiriman, karena berbeda negara umumnya juga memiliki perbedaan syarat pengiriman. Meskipun anda bisa dengan mudah menemukan jasa ekspedisi Cina ke Indonesia tapi untuk syarat – syarat umumnya hanya tersedia sedikit informasi saja.

Syarat yang paling umum dan yang harus anda ketahui adalah ketika anda ingin mengirimkan barang dari negara Cina ke Indonesia jika harga barang yang anda kirim hanya sedikit dan tidak mencapai $100 maka barang dapat segera dikirim tanpa harus melalui berbagai protokol cukai. Namun, jika anda ingin mengirimkan barang dari Cina dalam jumlah besar maka anda harus mengurus proses perizinannya terlebih dahulu di bea cukai. Nah, jika anda tidak ingin repot maka anda bisa menggunakan forwarder atau jasa borongan yang tersedia di jasa ekspedisi Cina ke Indonesia.

Biaya yang harus anda keluarkan untuk ongkos ekspedisi borongan biasanya tergantung pada jenis pengiriman. Jika anda menggunakan pengiriman melalui laut maka kalkulasi pembiayaan tergantung pada ukuran per kubik. Lalu cara menghitungnya bagaimana? Sangat mudah, anda tinggal menghitung berdasarkan satuan ukuran yakni panjang x lebar x tinggi dus dalam satuan centimeter per 1.000.000. Tapi, anda harus ingat bahwa anda perlu untuk menanyakan biaya pengiriman dari forwarder yang anda pilih.

Selain pengiriman melalui laut, ada juga yang menggunakan jasa ekspedisi melalui udara. Nah, jika pengiriman melalui laut dihitung berdasarkan satuan ukuran per kubik namun berbeda dengan pengiriman melalui udara yang biayanya dihitung berdasarkan satuan volume. Biasanya forwarder akan menentukan harga berdasarkan berat per kilogram.

Selain biaya pengiriman barang, anda juga perlu menyiapkan biaya lain yang dibutuhkan oleh jasa ekspedisi Cina ke Indonesia misalnya biaya forklift merupakan biaya yang harus anda persiapkan jika barang yang anda pesan tidak bisa dirangkai oleh manusia atau membutuhkan bantuan mesin, contohnya bagian mesin dan sparepart atau alat yang memiliki berat lebih dari 100 kg.

Jika barang anda membutuhkan pajak biasanya dibutuhkan biaya pajak tambahan untuk proses pengurusan dokumen. Selain itu, jika nantinya ada redline atau terjadi kenaikan harga secara mendadak maka forwarder akan mengonfirmasi terlebih dahulu apakah anda setuju atau tidak.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *