Bagaimana Cara Import Barang dari China Ke Indonesia !

Diantara banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk import barang dari China, ada 2 cara yang paling sering dilakukan saat ini. yaitu menggunakan sistem cargo import borongan atau disebut juga dengan door to door service dan menggunakan sistem forwarder dorongan (sistem marketplace). Keduanya tentu saja mempunyai perbedaan jelas, atas sistem kerjanya.  

Menggunakan cargo import borongan

Untuk import barang dari China menggunakan Cargo Import Borongan, maka pihak importir adalah pemilik langsung produk atau barang yang akan dijual. Pihak cargo atau juga penyedia jasa cargo, yang akan memegang peran, sebagai pengurus dan pengatur masalah perizinan, dokumen, cukai dan yang lainnya. Dalam hal ini pihak cargo juga akan bertanggung jawab, dalam memastikan produk / barang yang akan dibeli, sampai ke gudang forwarder, yang ada di Jakarta.

Jika Anda menggunakan jasa importir seperti ini, maka harus mengetahui skema yang dimiliki oleh Cargo Import Borongan tersebut, seperti ;

  1. Importir akan melakukan transaksi dengan supplier. Sebelumnya, produk atau barang yang dibeli, harus sudah sampai ke pihak supplier. Pihak importir dan supplier sudah mempunyai kesepakatan transaksi, untuk nantinya mudah dikirim ke wilayah tujuan.

  2. Pihak importir akan menghubungi pihak forwarder, untuk menentukan sistem pengiriman, apakah via udara, atau via laut. Kedua sistem pengiriman tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, kali ini Anda sebagai konsumen, dapat memilih salah satu sistem pengiriman yang dianggap paling tepat.

  3. Setelah sistem pengiriman sudah ditentukan, berikutnya pihak forwarder akan memberikan alamat gudang dan juga kode marking pada pihak supplier.

  4. Berikutnya barang yang dipesan, akan dikirim oleh pihak supplier, ke gudang forwarder yang ada di China.

  5. Dalam hal ini pihak importir wajib memberikan berbagai macam dokumen pendukung pada pihak forwarder, baik berupa invoice dan juga packing list. Kedua dokumen tersebut, berguna untuk memantau perjalanan produk tersebut.

  6. Barang yang sudah ada di gudang forwarder, nantinya akan diatur stuffing, sebelum akhirnya dikirim ke Indonesia.

  7. Berikutnya dalam sesi import barang dari China adalah berbagai macam perizinan, custom clearance dan yang lainnya, akan diurus oleh pihak forwarder.

  8. Setelah produk atau barang tiba di tempat forwarder yang ada di Indonesia, maka Anda akan memberikan tagihan ongkir pada pihak ekspedisi, untuk membawa barang dari forwarder ke alamat tujuan.

  9. Terakhir barang akan diantar ke tempat tujuan oleh pihak ekspedisi, setelah Anda melunasi pembayaran yang ada.          

Menggunakan marketplace untuk import

Ini adalah salah satu cara yang akan memudahkan para konsumen, ketika mencari supplier terpercaya dari China, yaitu menggunakan marketplace. Saat ini ada beberapa marketplace terpercaya asal Cina yang dapat Anda gunakan, untuk mencari pihak supplier yang dimaksud, misalnya saja :

      • Alibaba.com

Ini adalah salah satu marketplace yang mengimpor barang langsung dari China. Produk yang ditawarkan oleh website ini sangat banyak. Sistem pembelian grosir, ini adalah salah satu tempat tepat, untuk Anda yang ingin berbisnis aneka macam produk asal China. sistem pembayaran yang diterima adalah Paypal, Western Union dan juga kartu kredit.

      • Taobao.com

Ini adalah salah satu situs e-commerce lainnya yang dapat Anda gunakan untuk import barang dari China. konsep yang digunakan, tidak jauh berbeda dengan sistem pembelian di marketplace pada umumnya. selain itu, harga yang ditawarkan oleh website ini terbilang cukup mudah.

      • 1688.com

Adalah salah satu anak perusahaan Alibaba, harga yang ditawarkan juga cukup murah. Namun jika Anda jeli, maka Anda akan memperoleh produk yang sama, dengan harga yang lebih murah.

      • Aliexpress.com

Konsep yang ditawarkan pada marketplace ini, sama dengan marketplace lainnya, masih termasuk satu anak perusahaan Alibaba, hanya perbedaannya pada quality barang dan pedagang yang menjualnya. Di sini Anda dapat membeli produk baik secara eceran atau juga grosiran.

Dengan menggunakan sistem marketplace seperti ini, Anda akan diarahkan ke satu sistem pengiriman tertentu. Kali ini Anda sebaiknya memperhatikan sistem pengiriman yang akan digunakan dalam proses import barang dari China. pelajari dan perhatikan dengan baik, agar barang yang dipesan tiba dengan selamat, sampai ke tempat Anda.  

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *