5 Tahap Pengiriman dalam Jasa Import Door to Door

Berbeda dari port to port yang mengharuskan Anda menjemput barang, jasa import door to door justru datang ke tempat untuk memberikan layanan. Beberapa orang yang menggunakan jasa ini pun merasa dimudahkan dalam menjalankan bisnis karena layanan yang lebih lengkap.

Bagi Anda yang terlalu sibuk untuk mengambil barang atau memerlukan layanan import barang dari China yang praktis, maka jasa door to door patut dipertimbangkan. Untuk mengenal sistemnya, berikut langkah-langkah yang akan dilewati dalam proses pengiriman barang melalui door to door.

  1. Pengumpulan informasi terkait barang

Langkah pertama yang dilakukan penyedia jasa import door to door untuk mengumpulkan informasi terkait rincian muatan yang akan dikirimkan. Kemudian, barang akan dihitung, diinspeksi, divalidasi, serta dikuitansikan. Barang yang sudah melewati tahap-tahap tersebut akan segera dikirimkan ke tempat tujuan sesuai yang diinginkan pengirim.

  1. Pengelompokkan dengan barang-barang lain

Sebelum diangkut dengan transportasi (entah lewat jalur darat, udara, maupun laut), barang akan dikelompokkan dengan paket-paket lain yang dikirimkan ke satu tujuan. Sebagai contoh, barang yang dikirim memakai kapal akan dikumpulkan dan dimasukan ke dalam kontainer pelayaran. Lantas kontainer tersebut ditumpuk bersama kontainer lain di atas kapal.

  1. Proses saat barang diangkut transportasi

Proses pengiriman melalui jasa import door to door sebenarnya tak jauh berbeda seperti saat Anda naik transportasi umum. Barang yang diantarkan akan pindah dari satu transportasi ke transportasi sampai tiba di alamat tujuan. Jenisnya dapat berbeda sesuai jalur yang dipilih atau jenis transportasi maupun tarif pengiriman yang diberlakukan.

  1. Pembayaran impor untuk keperluan bea cukai

Pembayaran pajak ini biasanya dibayar sebelum barang sampai di alamat tujuan atau memasuki daerah negara penerima. Sejumlah negara menetapkan aturan ini, karena barang yang masuk tanpa melewati tahap tersebut akan dianggap ilegal. Pembayaran biasanya dilakukan penyedia layanan pengiriman dengan biaya yang sudah dicantumkan sejak awal keberangkatan.

  1. Pengurusan barang sebelum diantar ke penerima

Proses dalam jasa import door to door selanjutnya adalah mengurus barang yang hendak diantar ke alamat tujuan penerima. Orang yang bertanggung jawab dalam tahap ini akan menangani sejumlah dokumen penting beserta ongkos kirim. Meski hanya pengirim yang menanggung pembayaran, tak jarang penerima pun harus mengeluarkan uang untuk biaya tertentu.

  1. Pengantaran barang ke alamat penerima

Dibutuhkan waktu selama beberapa jam atau berhari-hari sampai barang tiba di alamat tujuan. Proses tersebut dikenal juga sebagai pengangkutan impor dan umumnya dilakukan dari gudang pengiriman barang. Seperti yang disinggung, penerima hanya perlu menunggu dan bisa memantau barang lewat tracking.

Itulah informasi proses pengiriman lewat jasa import door to door. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru