4 Tip Mengembangkan Kemampuan Sebagai Importir Barang China

Tak dipungkiri mengembangkan usaha sebagai importir barang China bakal membawa profit besar. Target pasar luas dengan kualitas produk yang meyakinkan bakal memudahkan Anda mengelola usaha tersebut. 

Namun, Anda juga harus berhati-hati karena untuk kelancaran pengelolaan, ada sejumlah dokumen dan surat perizinan yang harus diurus. Termasuk di antaranya bea cukai yang kadang menghalangi proses import barang dari China.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mengembangkan kemampuan sebagai importir profesional dan terpercaya.

  1. Cari partner kredibel di luar negeri

Begitu menyelesaikan urusan legalitas, Anda dapat melanjutkan proses dengan mencari partner kredibel yang menjalankan usaha di luar negeri. Sebagai importir barang China, mengajak produsen sebagai partner akan memudahkan Anda dalam membeli produk dari mereka.

Sejumlah manfaat yang akan Anda peroleh mencakup mendapatkan update seputar katalog produk terbaru, paket dengan harga khusus, serta akses khusus untuk promosi, garansi, dan limited edition. Jadi pastikan partner yang Anda ajak kerja sama mempunyai reputasi yang bagus.

  1. Sediakan kontak yang mudah dihubungi

Ingin cepat populer di kalangan konsumen? Caranya cukup mudah, yakni menyediakan layanan pelanggan atau customer service melalui nomor telepon, email, atau aplikasi chatting. Pastikan juga kontak-kontak tersebut aktif untuk membantu membangun imej sebagai importir barang China terbaik.

Kemudian, pastikan Anda cepat memberikan tanggapan (fast response). Sebagian besar konsumen cenderung meninggalkan usaha hanya karena respons lambat atau kurang membantu. Kalau Anda tak sanggup melayani seharian, pasang jadwal layanan di akun media sosial atau aplikasi chatting.

  1. Sediakan pre-order dan jasa titip beli

Ketika mempunyai kemudahan akses dari luar negeri, gunakan kesempatan ini untuk membuka layanan tambahan seperti pre-order dan jasa titip beli. Kedua layanan tersebut dicari konsumen yang membutuhkan barang impor dengan harga terjangkau.

Pre-order disarankan untuk produk-produk yang diluncurkan dalam hitungan minggu atau bulan. Sementara jasa titip beli lebih efektif untuk pembelian yang tak mengharuskan konsumen menunggu dalam waktu lama.

  1. Memberikan jaminan kepada konsumen

Tip selanjutnya yang dapat menunjang usaha Anda sebagai importir barang China adalah menyediakan jaminan kepada konsumen. Apalagi Anda mengurus barang-barang pesanan yang didatangkan dari luar negeri yang riskan rusak atau bermasalah sebelum sampai di alamat tujuan.

Kemudian, untuk menjaga kepercayaan konsumen, pastikan Anda menginformasikan garansi sebelum mereka melakukan pembelian. Dengan begitu, mereka tak akan ragu membeli barang dan akan kembali menggunakan jasa Anda saat membutuhkan sesuatu.

Demikian serangkaian tip yang dapat Anda praktikan. Dengan informasi ini, Anda diharapkan bisa meningkatkan kemampuan diri maupun layanan sebagai importir barang China. Jadi, Anda tak akan kalah saing dengan para kompetitor besar.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Newsletter!

Ikuti kami untuk temukan promo terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *